Minggu, 31 Maret 2013

Perbedaan Realtime dan Online !


Online adalah system yang akan langsung memproses data yang diperoleh pada saat itu juga, sehingga akan memungkinkan teerjadinya antrian data. Tetapi system secara onlie dapat menghasilkan output di lokasi yang dibutuhkan si pengirim data. Contoh: pada saat pemrosesan transaksi online di depan teller bank, reservasi kereta api, reservasi angkutan udara, dll.

Real time adalah system pemrosesan data yang tidak boleh ditunda karena waktu sangat terbatas, karena jika terjadi penundaan pengolahan data akan mengakibatkan sesuatu yang fatal. Contoh: pengolahan data hasil pemantauan aktivitas gunung berapi, system pengendali rem mobil, system pengendali reactor nuklir, peralatan medis.

Perbedaannya terletak pada:

1. Waktu pengolahan data, pada pemrosesan secara online waktu pengolahan datanya terdapat delay karena ada pengantrian data, sedangkan real time waktu pengolahan datanya cepat.

2. Data dikirim kembali ke pengirim data seketika itu juga, proses secara online mengirim hasil prosesnya tergantung pada kebutuhan si pengirim, sedangkan real time harus segera mengirimkan hasil proses tersebut ke si pengirim.

3. Dapat mengolah data secara direct Access(akses secara langsung). Proses online bisa mengolah data yang diterima secara langsung maupun tidak langsung, sedangkan real time hanya dapat mengolah data secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar