Sistem
Informasi Manajemen Perhotelan Berbasis Web
Disusun oleh:
Hasan Wijaya Silalahi
23112350
2KB01
Tugas Manajemen Proyek Dan Resiko
FAKULTAS
ILMU KOMPTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
Bab 1
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Internet merupakan teknologi yang memiliki
cakupan sangat luas. Di mana internet terhubung secara online tanpa
mengenal batas waktu dan tempat. Dalam hal ini, bila perusahaan dibidang
property terutama perhotelan menggunakan internet dalam sistem
informasinya maka akan memberikan kemudahan
bagi para pelanggan maupun karyawan dalam mendapatkan dan juga mengelola
informasi maupun transaksi yang dibutuhkan.
Di era globalisasi kini biasa
persaingan dalam bidang property terutama perhotelan sangat ketat, oleh karena
itu diperlukan suatu sistem informasi
pemasaran maupan transaksi yang sangat efektif demi menunjang persaing dibidang
proreti khususnya perhotelan. Dalam
pelaksanaan proses pemasaraan dan transaksi seharusnya mengandalkan ketepatan,
kecepatan, kemudahan dalam bertransaksi maupun pemasaraaannya.
Oleh sebab itu disini Saya mengajukan
kepada bapak / Ibu sebuah proposal pengadaan Sistem informasi Perhotelaan
Berbasis Web yang terdiri dari Sistem Informasi Profile Hotel , Sistem
Informasi fasilitas Hotel, Sistem Informasi Transaksi Pemakian Fasilitas Hotel,
Sistem informasi Booking dan Sistem informasi Layanan Pelanggan. Mudah-mudahan
dengan pengajuan proposal ini kiranya Perusahaan bapak / ibu pimpin bisa
menjalin kerjasama dengan kami demi memenjukan usaha dibidang property yang
bapak/ibu pimpin.
1.2. Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan tujuan dalam
pembuatan Sistem informasi Perhotelaan Berbasis Web Web Antara lain :
Maksud :
1.
Menawarkan
solusi untuk dalam memasarkan hotel agar daya saing hotel terterjaga.
2.
Merencanakan
pembangunan Sistem informasi Perhotelaan Berbasis Web Web demi meningkatkan
jumlah pengunjung hotel.
Tujuan :
1.
Memudahkan
Manajeman Hotel dalam memberikan informasi yang lengkap dan detail kepada Pelanggan
tentang Fasilitas yang disediakan
dan ditawarkan oleh Hotel , sehingga Pelangga mendapatkan informasi yang
lengkap dan akurat mengenai hal tersebut.
2.
Memudahkan
Manajeman dalam melakukan proses pengelolaan transaksi yang terjadi di Hotel
sehingga selain Pelanggan dapat Memesan Penginapa secara Offline, Pelanggan
dapat Memesan Penginapan secara online melalui internet
3.
Memperluas
pemasaran dan promosi dengan media online supaya menambah popularitas dari
Hotel tersebut.
1.3. Ruang Lingkup Pekerjaan
1.3.1
Pengembangan
Pengembangan sistem
adalah serangkaian aktivitas yang diperlukan untuk membangun sebuah solusi
sistem informasi untuk sebuah masalah atau kesempatan bisnis.Pada
pengengmebng system ini menggunkan pemograman Macromedia Dremeaver 8 dan data
base MySql,adapun tahap dalam pengembangan system tersebut.
Pengembangan sistem (sistem
development)
a.
Analisis
sistem (sistem analysis)
Penelitian atas sistem yang telah ada
dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbarui.
b.
Desain
sistem secara umum (general system design)
Tujuan dari desain
sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user
tentang sistem yang baru.
c.
Penilaian sistem (sistem evaluation)
Hasil desain sistem
secara umum tentunya harus menjadi pertimbangan pihak manajemen apakah
melanjutkan pengembangan sistem yang baru berdasarkan gambaran desain sistem
secara umum atau menolak rancangan baru tersebut.
d.
Desain sistem terinci (detailed sistem design)
Dengan memahami
sistem yang ada dan persyaratan-persyaratan sistem baru, selanjutnya adalah
penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. Jika sistem itu
berbasis komputer, rancangan harus menyertakan spesifikasi jenis peralatan yang
akan digunakan.
e.
Implementasi sistem
(sistem implementation)
Merupakan kegiatan
memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem
yang bekerja.
1.3.2.
Pengumpulan Data
Dalam sistem informasi ini metode pengumpulan data dengan
menggunakan studi lapangan yaitu dengan melakukan peninjauan langsung Ke
perusahaan guna memperoleh data – data mengenai perusahaan yang menjadi objek
penelitian ada 3 cara untuk memperoleh data-data tersebut yaitu:
a)
Wawancara
Wawancara merupakan salah satu
instrumen penting dalam pengumpulan data yang menggunakan studi kasus. Untuk
teknik wawancara ini dikhususkan untuk para end user, yaitu administrator untuk
mengetahui alur data;
b)
Studi
Pustaka
Metode pengumpulan data ini dilakukan
untuk mencari sumber, bahan penelitian-penelitian sebelumnya dan berbagai
referensi lainnya guna mengkolaborasi berbagai data dengan berbagai konsep Web
yang telah ada.
c)
Observasi
Melakukan
pengumpulan data secara langsung atas semua yang terjadi dalam perusahaan, disesuaikan dengan
masalah yang dihadapi.
1.3.3. Pemeliharan
Pada pemeliharan Sistem informasi Perhotelaan Berbasis
Web Web dilakuakan 2 sistem pemeliharan yaitu dengan cara :
a.
Pemeliharan sistem secara adaptif yaitu
pemeliharaan sistem secara berkala
tetapi dalam tahap awal pemakaian membutuhkan maintenence yaitu sebulan
sekali kemudian setelah pemakaian selama kurang lebih 6 bulan
maka hanya diperlukan maintenence yaitu 1 tahun sebanyak 2x pemeliharaan
sistem.
b.
Pemeliharaan
system secara koreksif yaitu
pemelihran sistem dengan mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat
sistem berjalan. Pemeliharaan korektif ini mencakup kondisi penting atau bahaya
yang memerlukan tindakan segera. Kemampuan untuk mendiagnosa atau memperbaiki
kesalahan atau malfungsi dengan cepat sangatlah berharga bagi perusahaan.
1.3.4.
Pelatihan
Pada proses pelatihan akan dilakukan dalam
2 tahap yaitu :
a. Pada
tahap pertama dilakukan sebelum Sistem di jalan secara global dan akan dilakukan 3 kali pertemuan dimana
pada tahap ini di harus para administrator harus memahi Sistem informasi
Perhotelaan Berbasis Web. Web secara keseluruhan sebelum Sistem ini mulai
dijalankan.
b. Ditahap
kedua yaitu setelah Sistem di terapkan ,Pada tahap ini pelatihan hanya
dilakukan pada saat administrator menjalan sistem yang akan dijalankan / dalam
kata lain pihak instuktor hanya akan mengawasi selama 2 kali masa masa
percobaan system.
Bab 2
Sistem informasi Manajeman
Perhotelaan Berbasisi Web
2.1. Latar Belakang
Sistem informasi Perhotelaan Berbasis Web Web ini di
rancang mengunakan pemrograman Macromedia Dreamever 8,karena Macromedia
Dreamever memiliki kemampuan yang lebih kumlit ketimbang Pemograman berbasis
web yang lainya.Pada dasarnya system ini dibuat agara dapat memudah para
custemor dalam mengakses segala sesuatu yang berhubung dengan hotel seperti
melihat fasilitas hotel yang ada tanpa harus berkunjung ke hotel langsung
customer sudah dapat mengetahuinya dengan cara mengunjui system informasi web
yang akan kami buat nanti.Begitu juga dengan transaksi pembayaran custemor bisa
begitu mudah melakukan transaksi tanpa harus mengunjungi hotel,mereka bisa
langsun bertransaksi secara Online dan juga sekaligus bisa membooking terlebih
dahulu dengan fasilitas layanan booking yang dimiliki di Sistem ini.Selaim
fasilitas utama yang tadi disebutkan pada sistem ini juga memiliki fasilitas
tambahan ya itu sistem informasi layanan pelanggan dimana pada fasilitas ini
para customer bisa langsung mengadukan keluhan atau memberikan kritikan dan
sarasn atas pelayaan hotel yang diberikan dan juga kenyaman menginap hotel
tersebut dengan memilihan layanan pelanggan.
Mudah-mudah dengan dibuat Sistem Informasi Manajeman
Hotel Berbasis Web ini dapat membantu memudah segala sesuatu yang berhubungan
dengan kemajuan Hotel mulai dari segi pelayaan,transaksi dan pemasaraan.
2.2
Prespektif Produk
Sistem Inforamsi Ini merupakan sistem informasi
berbasisi web yang dimana dapat membantu kinerja perusahaan dalam segala bidang
mulai dari bidang pelayanan hingga bidang pemasaraan.Pada dasar sistem yang
diterapakan nanti akan bersifat friendly,dimana sistem dapat mudah dimengerti
dan dijalan oleh customer pada khususnya,Selain itu sistem ini juga jauh lebih
interaktif karena sistem ini juga dapat mengatuhi respon customer yang
mengunjungi web ini seberapa besar.
2.3
Deskripsi Subsistem
Dalam Sistem informasi Perhotelaan Berbasis Web web
memiliki berapa subsistem yang memiliki fungsi dan keunggulan masiang-masing di
antaranya :
a.
Modul Home
Modul ini memberi informasi tentang
profile perusahaan, prestasi – prestasi yang pernah
dicapai oleh Perusahaan tersebut , dan juga akan
memberikan alasan mengapa Customer harus memilih Jasa Perusahaan ini.
b.
Modul Fasilitas Hotel
Pada Modul Inikan menjelaskan Secara
detiala segala fasilitas yang terdapat dihotel tersebut dan juga akan
menjelaskan besar biaya yang digunakan jiga menggunakan fasilitas tersebut.
c.
Modul Transaksi Pembayaran
Di Modul ini customer akan dimudahkan
dalam proses Transaksi secara online dan juga dapat mengetahui jumlah biaya
yang digunakan pada saat menginap dihotel tersebut.
d.
Modul Booking hotel
Ini merupakan modul yang akan berfungsi
pada saat customer akan melakukan pemesaan hotel untuk waktu yang akan datang tanpa harus
repot datang ke hotel tersebut,customer bisa langsung membooking kamar
,menentukan jenis kamar yang di gunakan dan juga kapan kamar tersebut akan
dibooking,selain itu pada modul booking juga terdapat sistem down payment dimana
pada saat membooking customer diwajib kan membayar DP min 10% dari harga kamar
yang dipesana
e.
Modul Layanan Customer
Untuk Modul ini merupakan Fasilitas
tambahan dimana customer bisa langsung memberikan keluhanyaatau memberikan
kritik dan saran dengan menuliskan nya di form Layanan Customer,Tak lupa disini
juga harus dicantumkan No transaksi pemesana kamar pada saat menginap agar
tidak terjadi penipuan keluhan nantinya.
2.4
Manfaat bagi Perusahaan
1.
Perusahaan akan dapat mengetahui respon masyarakat melalui
faslitas saran & kritik yang disediakan pada Sistem Informasi Ini.
2. Lebih cepat
dalam pelayanan transaksi Pembayaran maupun booking hotel.
3.
Dengan adanya promosi yang terdapat pada sistem ini, maka
masyarakat akan lebih
mengenal dari Fasilitas dan keunggulan yang dimiliki oleh hotel tersebut.
Bab 3
Metodologi Kerja
|
3.3. Relasi
3.4. Pengujian Top Down
3.5 Teknologi Informasi
3.5.1. Spesifikasi
Server
Dibutuhkan sebanyak 1 unit komputer server dengan
spesifikasi komputer adalah sebagai berikut :
1.
Prosesor Intel i7 Extreme (2.6 Ghz) TRAY
2.
Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS
3.
Memory DDR3 64 Gb
4.
Harddisk 160 TB Seagate/Maxtor/Samsung SATA
5.
Keyboard + Mouse
6.
Casing 1200Watt + 6 FAN CPU
7.
LCD Monitor LG/Samsung Wide Screen 21″
8.
DVD-RW Samsung
3.5.2. Spesifikasi
Client
Sedangkan untuk komputer yang akan digunakan sebagai client
membutuhkan 7 unit komputer client dengan spesifikasi
sebagai berikut :
1.
Prosesor Intel i7 Extreme (2.6 Ghz) TRAY
2.
Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS
3.
Memory DDR3 64 Gb
4.
Harddisk 160 TB Seagate/Maxtor/Samsung SATA
5.
Keyboard + Mouse
6.
Casing 1200Watt + 6 FAN CPU
7.
LCD Monitor LG/Samsung Wide Screen 21″
8.
DVD-RW Samsung
3.5.3. Bentuk
Komunikasi Data
Dalam pembuatan
sistem informasi yang jaringannya menggunakan wireless dengan
komponen Access Point. Sedangkan untuk pengkabelannya menggunakan kabel serat
optik (fiber optic) karena dapat menerima informasi yang besar, dan tidak
terpengaruh oleh medan magnetis, sehingga isyarat dalam kabel terjamin
keamanannya,meskipun dalam pengimplentasiannya membutuhkan biaya yang sangat mahal dan
dalam penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian
yang tinggi.
3.5.4.
Security
Teknologi Informasi
Dalam pembuatan sistem informasi ini akan
menggunakan security / pengamanan dengan menggunakan antivirus AVIRA ANTIVIR
PERSONAL PREMIUM. Dengan menggunakan antivirus maka apabila data yang telah tersimpan terkena virus maka dapat dideteksi
dan antivirus tersebut akan meremove secara otomotis. Selain penggunaan antivirus juga digunakan firewall yang
akan melindungi komputer atau jaringan dari akses komputer lain yang tidak memiliki
hak untuk mengakses komputer atau jaringan.
3.5.5. Pemeliharaan Teknologi Informasi
Pemeliharaan terhadap jaringan / network dapat
dilakukan sebulan sekali, hal ini berguna untuk memelihara jaringan yang digunakan untuk
operasional kantor tetap bersih dari virus – virus yang dapat merusak jaringan
tersebut.Dengan dilakukannya pemeliharan jaringan secara rutin maka akan dapat mencegah
penyebaran virus yang akan merusak data yang telah disimpan.Apabila sampai ada
virus yang masuk kedalam server maka akan secara cepat terdeteksi
dan akan dilakukan pencegahan sehingga tidak akan terlalu parah merusak jaringan server.Sedangkan untuk pemeliharaan data dapat
dilakukan dengan melakukan scan anti virus secara berkala yaitu seminggu sekali, sehingga data
yang sudah tersimpan aman dari viru
3.5.6.
Topologi
Teknologi Informasi
3.6 . Penjadwalan
3.6.1. Rincian Biaya
Daftar Rencana
Kegiatan, Prasyarat dan Waktu Pelaksanaan
|
No
|
Aktivitas
|
Durasi
(hari)
|
Prasyarat
|
|||||||||||||||
1
|
Administrasi dan
pertemuan awal
|
3
|
|
|||||||||||||||
2
|
Survei dan wawancara
bisnis proses
|
4
|
1
|
|||||||||||||||
3
|
Analisis kebutuhan
sistem
|
6
|
2
|
|||||||||||||||
4
|
Perancangan sistem
|
8
|
3
|
|||||||||||||||
5
|
Pembuatan program
aplikasi
|
10
|
4
|
|||||||||||||||
6
|
Pengujian sistem
|
3
|
5
|
|||||||||||||||
7
|
Pengadaan dan
instalasi server
|
2
|
1
|
|||||||||||||||
8
|
Uji coba operasional
|
3
|
6,7
|
|||||||||||||||
9
|
Penyusunan panduan
operasional
|
3
|
6
|
|||||||||||||||
10
|
Pelatihan operasional
|
2
|
8,9
|
|||||||||||||||
11
|
Launching
|
1
|
7
|
|||||||||||||||
12
|
Closing project
|
1
|
10,11
|
|||||||||||||||
|
46
|
Total hari
|
||||||||||||||||
1-2 Bulan
|
||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||
NO
|
Uraian
|
Satuan
|
QTY
|
Harga Satuan
|
Jumlah (Rp)
|
|||||||||||||
A
|
Biaya Personil
|
|
|
|
|
|||||||||||||
1
|
Project Manager
/Leader (PM)
|
Orang-bulan
|
3
|
Rp
25,000,000.00
|
Rp
75,000,000.00
|
|||||||||||||
2
|
Analis (AN)
|
Orang-bulan
|
4
|
Rp
20,000,000.00
|
Rp
80,000,000.00
|
|||||||||||||
3
|
Programmer (PR)
|
Orang-bulan
|
10
|
Rp
17,000,000.00
|
Rp
170,000,000.00
|
|||||||||||||
4
|
Trainer (TR)
|
Orang-bulan
|
2
|
Rp
60,000,000.00
|
Rp
120,000,000.00
|
|||||||||||||
5
|
Integrator (INT)
|
Orang-bulan
|
2
|
Rp 100,000,000.00
|
Rp
200,000,000.00
|
|||||||||||||
|
Sub Total
|
Rp 645,000,000.00
|
||||||||||||||||
B
|
Biaya Non Personil
|
|
|
|
|
|||||||||||||
1
|
Pengadaan perangkat
|
paket
|
1
|
Rp 600,000,000.00
|
Rp
600,000,000.00
|
|||||||||||||
2
|
Pelatihan
|
paket
|
1
|
Rp 150,000,000.00
|
Rp
150,000,000.00
|
|||||||||||||
3
|
Lauching
|
paket
|
1
|
Rp 100,000,000.00
|
Rp
100,000,000.00
|
|||||||||||||
|
Sub Total
|
Rp
850,000,000.00
|
||||||||||||||||
|
Total
|
Rp 1,495,000,000.00
|
||||||||||||||||
|
PPN 10%
|
Rp
|
||||||||||||||||
|
Grand Total
|
Rp 1,495,000,000.00
|
||||||||||||||||
|
Terbilang: Satu Miliar
Empat Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah
|
|||||||||||||||||
3.6.3. Gant Chart
No
|
Aktivitas
|
Durasi (hari)
|
Prasyarat
|
S
|
F
|
Jadwal Pelaksanaan, hari ke-
|
|||||||||||||
1
|
4
|
7
|
10
|
13
|
16
|
19
|
22
|
25
|
28
|
31
|
34
|
37
|
40
|
||||||
1
|
Administrasi dan
pertemuan awal
|
3
|
|
1
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Survei dan wawancara
bisnis proses
|
4
|
1
|
4
|
7
|
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Analisis kebutuhan
sistem
|
6
|
2
|
8
|
13
|
|
|
2
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Perancangan sistem
|
8
|
3
|
14
|
21
|
|
|
|
|
2
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pembuatan program
aplikasi
|
10
|
4
|
22
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
1
|
|
|
|
6
|
Pengujian sistem
|
3
|
5
|
32
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
7
|
Pengadaan dan
instalasi server
|
2
|
1
|
8
|
9
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Uji coba operasional
|
3
|
6,7
|
35
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
9
|
Penyusunan panduan
operasional
|
3
|
6
|
35
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
10
|
Pelatihan operasional
|
2
|
8,9
|
38
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
11
|
Launching
|
1
|
6
|
10
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Closing project
|
1
|
10,11
|
40
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Bab 4
Penutup
Demikian
Proposal Pengajuan yang kami buat mudah-mudah dengan dibuatnya Proposal ini bisa
menjadi barang bertimbang Bapak/Ibu dalam memperbaharui Sistem Informasi yang
digunakan,demi memajukan Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, Kiranya hanya sekian yang kami
ucapakan atas perhatian kami ucapakan terima kasih.
Lampiran :
BIODATA
PEGELOLAH
Nama
dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik
|
:
|
Hasan
Wijaya Silalahi
|
Alamat pemilik
|
:
|
Jl. Lembah
No.72 RT03/07, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.
Depok,
Jawa Barat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar