ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN
NAMA : HASAN WIJAYA SILALAHI
KELAS : 1KB04
NPM : 23112350
MATERI : ILMU SOSIAL
DASAR
DOSEN : IRA
WINDARTI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan yang telah memberikan kita semua kesehatan ,dengan
beriringan dengan doa dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan
tugas makalah Ilmu Sosial
Dasar ini dengan baik . Saya mengucapkan terima
kasih kepada
ibu dosen yaitu ibu Ira Windarti
yang telah memberikan tugas makalah yang membahas tentang” Ilmu sosial
Dasar ”.Walaupun ada sedikit kekurangan
dalam penulisan ini harap Ibu dosen dapat memakluminya karena saya masih dalam proses belajar dan akan terus memperbaikinya
.Saya mohon Ibu dapat memeriksa dan melihat hasil tulisan saya.
Tak lupa pada kesempatan ini
penulis mengucapkan banyak teima kasih kepada orang-orang yang telah
mempostingkan materinya pada blog.
Depok, Oktober 2012
Penulis
Hasan Wijaya
Silalahi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
………2
DAFTAR ISI ………3
BAB I : PENDAHULUAN ………4
1.1 Latar
Belakang Atau Abstraksi…………4
1.2 Maksud
dan Tujuan………5
BAB
II : ISI………………………
2.1 Ilmu
Sosial Dasar Dalam Bidang Pendidikan ……6
BAB
III : PENUTUP…………9
3.1
Kesimpulan…………9
3.2 Daftar
Pustaka………9
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang / Abstraksi
Manusia adalah
makhluk sosial, yang berarti tidak dapat hidup tanpa manusia lain. sebagai
makhluk sosial, manusia akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah sosial
yang ada di sekitarnya, oleh karena itu diberikanlah pendidikan ilmu sosial
dasar untuk melatih atau menyadarkan seorang individu untuk dapat memahami,
peka, dan dapat ikut serta dalam menanggulanginya.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan Umum merupakan Pendidikan Dasar dan
menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta
didik untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
1.2 Maksud Dan Tujuan
Tujuan diberikannya Pendidikan umum di perguruan tinggi adalah menghasilkan
warga Negara sarjana yang :
1.
taqwa kepada TUHAN YANG MAHA ESA
2.
berjiwa pancasila
3.
memiliki wawasan sejarah perjuangan
bangsa
4.
memiliki wawasan komperhensif dan
pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan
5.
memiliki wawasan budaya yang luas
tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama sama mampu berperan serta
meningkatkan kualitasnya
Kemampuan
yang diharapkan dari lulusan perguruan tinggi :
1.
kemampuan akademik
2.
kemampuan profesi
3.
kemampuan pribadi
Dengan kemampuan yang dimiliki
diatas, lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang cakap dan ahli
dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikannya untuk
masyarakat Indonesia
BAB 2 ISI
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial
seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi
sosial.
Tujuan dari
Ilmu Sosial Dasar adalah :
1.
memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.
peka terhadap masalah-masalah sosial
dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.
menyadari bahwa setiap masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
4.
memahami jalan pikiran para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam
rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
Ilmu
pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
1.
Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince
). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat
dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya
ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan
itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini
kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil
penelitian 1005 benar dan 1005 salah
2.
Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) .
ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat
dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah
sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak
1005benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan
antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.
Pengetahuan budaya ( the humanities
) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat
manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan
peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi
arti.
Pengertian
masalah sosial memiliki Dua pendefinisian:
pertama pendefinisian menurut umum.
Menurut umum atau warga masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan
umum adalah masalah sosial.
kedua menurut para ahli. Menurut
para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud
dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat
menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.
Contoh masalah sosial di Indonesia :
1.
1. Kemiskinan , meski saat ini bangsa kita mengalami pertumbuhan ekonomi namun pada
kenyataannya masih banyak masyarakat di sekitar kita yang hidupnya masih berada
di bawah standar yang layak. Ini menjadi maslah sosial yang bisa kita temukan
dengan mudah baik di Daerah maupun Perkotaan.
1.
2. Lapangan
Pekerjaan, Masalah Sosial yang satu ini bisa
mendorong timbulnya masalah lain yang tidak kalah seriusnya yaitu meningkatnya
angka kriminalitas, kehidupan suatu keluarga yang tidak harmonis, rasa
frustasi dan lain lain. Hal ini juga menjadi urusan yang butuh penanganan
serius.
Persaingan dalam mencari lapangan
pekerjaan
Tujuan dari
pembelajaran Imu sosial Dasar untuk seorang Mahasiswa adalah sebuah Dasar kehidupan bagi seorang mahasiswa untuk bersikap semestinya
sebagai mahluk sosial / Manusia Sosial, yaitu melakukan kegiatan sosial dalam
kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara. Karena manusia membutuhkan orang lain
dalam kehidupannya. Maka sudah sebuah kewajiban seorang mahasiswa mendalami dan
mengimplementasikan Ilmu Sosial Dasar dalam Kehidupannya, baik di lingkungan
Kampus, Rumah maupun Dunia Luar. Itulah Pendapaat Saya (Akhmanzce).
BAB 3 Penutup
3.1
Kesimpulan
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa, Ilmu Sosial Dasar
( ISD ) adalah suatu ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar
dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, penalaran mahasiswa dalam
menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan lagi sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya dapat menjadi lebih besar, memperoleh
wawasan pemikiran yang lebih luas, dan memiliki kepribadian yang diharapkan
dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan
sikap tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia
yang bersangkutan.
3.2 Sumber :
buku ISD
yang disusun oleh Harwantiyoko dan Neltje F.Katuuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar