Rabu, 28 November 2012

ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN



ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN

NAMA                 : HASAN WIJAYA SILALAHI
KELAS                : 1KB04
NPM                    : 23112350
MATERI             : ILMU SOSIAL DASAR
DOSEN                : IRA WINDARTI

UNIVERSITAS GUNADARMA
2012/2013
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang telah memberikan kita semua kesehatan ,dengan beriringan dengan doa dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah Ilmu Sosial Dasar ini dengan baik . Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu dosen yaitu ibu Ira Windarti  yang telah memberikan tugas makalah yang membahas tentang” Ilmu sosial Dasar ”.Walaupun ada sedikit kekurangan dalam penulisan ini harap Ibu dosen dapat memakluminya karena saya masih dalam proses belajar dan akan terus memperbaikinya .Saya mohon Ibu dapat memeriksa dan melihat hasil tulisan saya.
Tak lupa pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak teima kasih kepada orang-orang yang telah mempostingkan materinya pada blog.









Depok,   Oktober 2012


                                                                                                Penulis
Hasan Wijaya Silalahi


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  ………2
DAFTAR ISI ………3
BAB I :  PENDAHULUAN ………4
1.1        Latar Belakang Atau Abstraksi…………4
1.2        Maksud dan Tujuan………5
BAB II         : ISI………………………
2.1        Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang Pendidikan ……6
BAB  III         : PENUTUP…………9
3.1         Kesimpulan…………9
3.2         Daftar Pustaka………9





BAB 1   PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang / Abstraksi
Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti tidak dapat hidup tanpa manusia lain. sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya, oleh karena itu diberikanlah pendidikan ilmu sosial dasar untuk melatih atau menyadarkan seorang individu untuk dapat memahami, peka, dan dapat ikut serta dalam menanggulanginya.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan Umum merupakan Pendidikan Dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.



1.2 Maksud Dan Tujuan
Tujuan diberikannya Pendidikan umum di perguruan tinggi adalah menghasilkan warga Negara sarjana yang :
1.     taqwa kepada TUHAN YANG MAHA ESA
2.     berjiwa pancasila
3.     memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa
4.     memiliki wawasan komperhensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan
5.     memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya
Kemampuan yang diharapkan dari lulusan perguruan tinggi :
1.     kemampuan akademik
2.     kemampuan profesi
3.     kemampuan pribadi
Dengan kemampuan yang dimiliki diatas, lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikannya untuk masyarakat Indonesia




BAB 2  ISI

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah :
1.     memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.     peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.     menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
4.     memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
Ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
1.     Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 1005 benar dan 1005 salah
2.     Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 1005benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.     Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Pengertian masalah sosial memiliki Dua pendefinisian:
pertama pendefinisian menurut umum. Menurut umum atau warga masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.
kedua menurut para ahli. Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.
Contoh masalah sosial di Indonesia :
1.     1.    Kemiskinan , meski saat ini bangsa kita mengalami pertumbuhan ekonomi namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat di sekitar kita yang hidupnya masih berada di bawah standar yang layak. Ini menjadi maslah sosial yang bisa kita temukan dengan mudah baik di Daerah maupun Perkotaan.


1.     2.    Lapangan Pekerjaan, Masalah Sosial yang satu ini bisa mendorong timbulnya masalah lain yang tidak kalah seriusnya yaitu meningkatnya angka kriminalitas, kehidupan suatu keluarga yang tidak harmonis, rasa  frustasi dan lain lain. Hal ini juga menjadi urusan yang butuh penanganan serius.




Persaingan dalam mencari lapangan pekerjaan
Tujuan dari pembelajaran Imu sosial Dasar untuk seorang Mahasiswa adalah sebuah Dasar kehidupan bagi seorang mahasiswa untuk bersikap semestinya sebagai mahluk sosial / Manusia Sosial, yaitu melakukan kegiatan sosial dalam kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara. Karena manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Maka sudah sebuah kewajiban seorang mahasiswa mendalami dan mengimplementasikan Ilmu Sosial Dasar dalam Kehidupannya, baik di lingkungan Kampus, Rumah maupun Dunia Luar. Itulah Pendapaat Saya (Akhmanzce).


 
BAB 3  Penutup
          3.1  Kesimpulan
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa, Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah suatu ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan lagi sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya dapat menjadi lebih besar, memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan memiliki kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.
3.2 Sumber :
buku ISD yang disusun oleh Harwantiyoko dan Neltje F.Katuuk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar